Indikator Kesejahteraan Rakyat Provinsi Gorontalo 2018 - Badan Pusat Statistik Provinsi Gorontalo

Untuk permintaan data maupun konsultasi dapat dilakukan dengan berkunjung langsung ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Provinsi Gorontalo (08.00-15.30 WITA), atau melalui layanan online Whatsapp (chat only) 0811-4307-683, email: pstgorontalo@bps.go.id atau bps7500@bps.go.id, layanan konsultasi online: s.bps.go.id/lakustik

Indikator Kesejahteraan Rakyat Provinsi Gorontalo 2018

Nomor Katalog : 4102004.75
Nomor Publikasi : 75550.1908
ISSN/ISBN : 2598-9073
Frekuensi Terbit : Tahunan
Tanggal Rilis : 21 November 2019
Bahasa : Indonesia
Ukuran File : 6.62 MB

Abstraksi

Dalam rangka meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi, pemerintah daerah Provinsi Gorontalo sedang giat-giatnya melaksanakan berbagai macam program pembangunan. Banyak faktor yang dapat mendukung keberhasilan pembangunan suatu daerah, salah satunya adalah kapasitas sumber daya manusia (penduduk). Tidak dapat dipungkiri bahwa modal manusia atau penduduk sangat berpengaruh pada laju pertumbuhan ekonomi suatu daerah. Pasalnya, penduduk merupakan penggerak utama dalam pembangunan. Modal manusia merupakan terminologi yang mengacu kepada pengembangan kapasitas manusia di bidang pendidikan, kesehatan, dan pengembangan potensi lainnya. Dengan peningkatan kapastias sumber daya manusia, tentu akan meningkatkan produktivitas yang berdampak pada percepatan pertumbuhan ekonomi.
Perkembangan mengenai kapasitas penduduk dapat diukur melalui berbagai indikator kependudukan. Oleh karenanya, pemerintah sangat memerlukan data kependudukan dalam menentukan arah kebijakan. Pemerintah sebagai pengambil kebijakan sangat membutuhkan data penduduk yang berkesinambungan dari tahun ke tahun. Data yang diperlukan tidak hanya menyangkut keadaan pada waktu kebijakan tersebut disusun, tetapi juga informasi masa lampau dan yang lebih penting lagi adalah informasi perkiraan pada waktu yang akan datang. Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai lembaga penyedia data, berusaha memenuhi kebutuhan tersebut dengan melakukan perhitungan proyeksi data kependudukan dari hasil Sensus Penduduk (SP).
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi GorontaloJl. Prof. Dr. Aloei Saboe No. 117 Kota Gorontalo

Telp (0435) 834596

Faks (0435) 834597

Email: bps7500[at]bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik